Featured

Teknik Fisika ITS

   Teknik Fisika (Engineering Physics ) adalah ilmu teknik atau rekayasa yang mempelajari berbagai bidang aplikasi ilmu dasar, ilmu terapan dan pemanfaatan teknologi. Ilmu Teknik Fisika merupakan disiplin ilmu yang memiliki kareakteristik multifacet. Ilmu Teknik Fisika mempelajari tentang aplikasi inter disiplin ilmu fisika dalam bidang rekayasa seperti instrumentasi, energi, fotonik, material, lingkungan, akustik dan lain-lain. Ilmu teknik Fisika akan memberikan pemahaman yang kuat dalam bidang basic science dan basic engineering untuk memecahkan masalah dan menghasilkan karya inovatif dalam bidang teknologi pada saat ini maupun di masa mendatang.


 
   Program pendidikan berbasis keteknikfisikaan diantaranya Teknik Fisika ITB - Bandung, Teknik Fisika ITS - Surabaya, Teknik Fisika UGM - Yogyakarta, Teknik Fisika UNAS - Jakarta, Teknik Fisika IT Telkom - Bandung. Pendidikan Teknik Fisika pertama kali diadakan di ITB Bandung pada tahun 1950-an. Seiring dengan berjalannya waktu, tingkat penyerapan industri di Indonesia semakin tinggi terhadap insinyur sehingga program pendidikan yang sama perlu dibuka ditempat lain yaitu di ITS Surabaya.

   Jurusan Teknik Fisika ITS atau biasa disebut JTF  merupakan suatu program studi Teknik Fisika di ITS yang pada awalnya merupakan salah satu bidang studi di Jurusan Fisika Fakultas Ilmu Pasti dan Alam (FMIPA), yang berdiri pada November 1965. Dalam perkembangannya, sejak tanggal 10 November 1983 bidang studi teknik fisika menjadi sebuah jurusan yang berdiri dibawah Fakultas Teknologi Industri (FTI) - ITS dengan nama Jurusan Teknik Fisika (JTF). Dengan demikian Jurusan Teknik Fisika telah memperoleh peranan penting dalam pengembangan ilmu dan teknologi yang berkaitan dengan industri secara luas. Sebagai institusi pendidikan tinggi, JTF telah memperoleh Akreditasi A (sangat baik) sejak tahun 2006 dan pada tahun 2012 JTF tetap mempertahankan Akreditasi dengan nilai yang sama sejak tahun 2006. yang akan berlaku sampai 2017.


author

Author Name

Author Description!

Get Free Email Updates to your Inbox!

Post a Comment

www.CodeNirvana.in

Translate

Total Pageviews

Copyright © kata"djank" | Designed By Code Nirvana