Featured

Metode Kalibrasi pada Besaran Massa

   Defenisi Kalibrasi adalah kegiatan dalam kondisi yang telah ditetapkan untuk,pada tahap pertama, menetapkan hubungan antara nilai besaran beserta ketidakpastian pengukuran dari sebuah standar
pengukuran dan penunjukkan terkait beserta ketidakpastian pengukurannya, dan pada tahap kedua, menggunakan informasi tersebut untuk memperoleh hasil pengukuran dari sebuah penunjukkan (International Vocabulary of Metrology – VIM 2008: 2.39)
Hasil kalibrasi dapat berupa :
- penetapan nilai besaran ukur, atau
- penetapan koreksi yang berkaitan dengan penunjukkan alat ukur

Hasil kalibrasi biasanya direkam dalam dokumen yang sering disebut 'Sertifikat Kalibrasi'

   Pengukuran Massa sangat erat kaitannya dengan Timbangan, karena pengukuran massa dengan menggunakan Timbangan, banyak faktor yang mempengaruhi Keakuratan dari hasil timbangan. Oleh karena itu perlu dilakukan Kalibrasi. Kalibrasi tidak hanya dilakukan pada alat ukur namun, alat pengkalibrasi juga harus di kalibrasi, misalnya anak timbangan dsb. Ketidakpastian dari kalibrator ini sangat berpengaruh pada alat yang dikalibrasi.

   Berikut ini adalah materi yang dibahas dalam workshop metrologi ke-5 yang  membahas tentang Pengantar pengukuran massa, Pedoman Kalibrasi dan Evaluasi Ketidakpastian Anak Timbangan, Kalibrasi timbangan Elektronik Non Otomatis dan Perhitungan Evaluasi Ketidakpastian dan Pengantar Volumetric Glassware :

author

Author Name

Author Description!

Get Free Email Updates to your Inbox!

Post a Comment

www.CodeNirvana.in

Translate

Total Pageviews

Copyright © kata"djank" | Designed By Code Nirvana